Minggu, 22 Februari 2015

Mazda2 Terbaru Diklaim Lebih Irit sampai 15 Persen

// // Leave a Comment
Bogor, KompasOtomotif – Salah satu keunggulan All-New Mazda2 yang digembar-gemborkan adalah penggunaan bahan bakar yang irit. Meski PT Mazda Motor Indonesia (MMI) tak mau mengklaim angka konsumsi bahan bakar, namun diyakini model baru ini lebih irit 10-15 persen dibandingkan dengan model lama.

Penegasan ini disampaikan Bonar Pakpahan, Product Planning Expert MMI, (Rabu (10/12/2014), dalam test drive All-New Mazda2 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dijelaskan, klaim tersebut akibat dari perubahan kurva torsi di putaran bawah, ditambah dengan teknologi Skyactiv yang dibenamkan pada mobil.

”Torsi Mazda2 yang lama sekitar 137 Nm dinaikkan menjadi 141 Nm. Torsi besar itu sudah dicapai pada 1.500-3.000 rpm. Kalau dilihat dari kurva, lebih gendut di putaran bawah. Akibatnya, pengemudi tak perlu menginjak pedal lebih dalam, mobil sudah melesat,” papar Bonar.

Klaim angkaMeski percaya diri dengan penggunaan bahan bakar yang lebih irit, Bonar tak mau menyebut soal klaim angka konsumsi bahan bakar. Dirinya hanya menyebut angka yang diberikan oleh konsumen. Rata-rata, konsumen Mazda2 lama menyebut 10-11 kpl.

”Kalau All-New Mazda2 ini kan baru saja dikirim. Jadi kami belum bisa bilang berapa angka konsumsi BBM berdasarkan masukan dari konsumen. Tapi yang bisa kami bilang, kami percaya terjadi peningkatan efisiensi bahan bakar 10-15 persen,” tegas Bonar.

Jika benar klaim MMI, berarti seharusnya All-New Mazda2 bisa mencapai angka keiritan bahan bakar 12-13 kpl. Meski demikian, hal ini masih butuh pembuktian.

0 komentar:

Poskan Komentar