Rabu, 25 Februari 2015

Catatan Manis Suzuki Mobil Jelang Akhir Tahun

// // Leave a Comment
Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 mampu meningkatkan penjualan secara retail sepanjang Januari-November 2014. Dengan torehan 145.356 unit, membuat pemegang merek mobil Suzuki di Indonesia itu memperbaiki catatan tahun lalu sebesar 142.448 unit.

Dengan hasil itu, penguasaan pangsa pasar juga naik menjadi 13,3 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 13 persen. Pencapaian tersebut membawa Suzuki bertahan di posisi ketiga dalam penguasaan pangsa pasar otomotif nasional.

”Prestasi ini membuktikan kecermatan Suzuki dalam memprediksi dan merespons secara efektif kondisi industri dan pasar. Hal ini juga didukung dengan mempersiapkan berbagai strategi produk yang cermat sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia,” begitu bunyi salah satu kalimat di siaran resmi, (23/12/2014).

Selama setahun, beberapa produk sukses mendukung penjualan. Diawali dengan peluncuran Mega Carry Xtra yang menyasar kegiatan para wirausaha. Lalu dilanjutkan dengan Ertiga Sporty yang melengkapi varian mobil keluarga tersukses Suzuki.

Mengambil momentum Jakarta Fair, SIS juga mengenalkan Karimun Wagon R Dilago untuk konsumen yang menginginkan kebutuhan modifikasi pada kendaraan kesayangannya. Terakhir, di IIMS 2014, meluncur pula Karimun Wagon R GS dan APV New Luxury.

Pasar NasionalYang menarik, semua pencapaian itu diperoleh pada saat situasi pasar mobil nasional bergejolak sepanjang 2014. Persaingan antar merek yang semakin kompetitif diiringi dengan momentum politik, ditambah kenaikan harga bahan bakar minyak menjadi tantangan tersendiri.

Data penjualan retail yang diacatat Gaikindo sepanjang Januari-November mencapai 1.090.579 unit. Catatan itu sebenarnya baik, mempertahankan pasar di atas 1 juta unit. Namun angka tersebut mengalami sedikit penurunan. Periode yang sama tahun lalu, tercatat 1.098.331 unit.

0 komentar:

Poskan Komentar