Selasa, 02 September 2014

Fiat Gandeng Mitsubishi Kembangkan Pikap

// // Leave a Comment
Turin, KompasOtomotif - Fiat akan menggandeng Mitsubishi untuk menambah portofolio di segmen kendaraan niaga. Model pikap disiapkan merek asal Italia ini untuk dijual ke Eropa dan Amerika Latin.

Sumber internal perusahaan, dilansir Autonews Europe (31/5/2014), mengatakan, Mitsubishi sudah sepakat akan memasok kebutuhan Fiat menggunakan salah satu varian L200. Pikap ini sekaligus menjadi kendaraan sasis pertama yang dimiliki Fiat dan dijual mulai 2016.

Langkah ini menjadi krusial bagi Fiat, sesuai rencana bos perusahaan, Sergio Marchionne, yang berambisi menjadikan merek ini untung lagi. Dengan memperlebar sayap bisnis ke kendaraan niaga, diharapkan bisa menambah pundi-pundi penjualan. Dalam tiga tahun terakhir, Fiat sudah merugi hingga 2,15 miliar euro dan menargetkan kembali untung mulai 2016.

Sejumlah analis keuangan menyatakan, salah satu potensi yang masih bisa dimaksimalkan adalah unit bisnis Fiat Professional yang menggarap kendaraan niaga. Unit ini berhasil menyumbang penjualan 200 juta euro dan 300 juta euro dari keuntungan operasional selama 10 tahun terakhir.

Target
Marchionne juga menargetkan penjualan kendaraan niaga Fiat bisa menembus 600.000 unit pada 2008 dari tahun lalu cuma 431.000 unit. Pasar Fiat untuk komersial disumbang Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Rusia, dengan sumbangan hingga 250.000 unit tahun lalu. Di Amerika Latin saja kontribusi terbesar mencapai 179.000 unit, sedangkan sisanya 2.000 unit dari Asia Pasifik.

Saat ini, Fiat hanya mengandalkan Strada, pikap gerak depan unibody yang dirakit di Brasil dan dijual di Eropa serta Amerika Latin. Tahun lalu, penjualan Strada cukup menjanjikan mencapai 134.000 unit.

Janji
Kerjasama Fiat dengan Mitsubishi seolah membuktikan janji Marchionne yang mengatakan akan melahirkan pikap baru bermuatan 1 ton. Semula pikap ini akan dirakit di pabrik Argentina menggunakan pasokan platform dari Tata Xenon. Tetapi, rencana ini kandas di jalan.

Selanjutnya, Fiat pernah berencana merakit ulang Dodge Dakota, seperti yang dipaparkan dalam strategi bisnis Marchionne pada 2010. Tapi, rencana ini juga tidak pernah terwujud. Kini, dalam strategi bisnis terbaru perusahaan yang disampaikan April lalu, rencana pikap baru juga masih ada. Tapi, belum ada kejelasan di mana model ini akan diproduksi. Sementara, Mitsubishi memusatkan produksi L200 di Thailand.

0 komentar:

Poskan Komentar